Luhut: OSS Masih Bermasalah bagi Perusahaan Besar, Tapi Succes Story untuk UMKM

- 17 Maret 2022, 17:20 WIB
Luhut menghimbau akselarasi vaksin dosis lengkap dan booster.
Luhut menghimbau akselarasi vaksin dosis lengkap dan booster. /Tangkap layar Twitter/@setkab.go.id

BALIKPAPAN CITY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat terbantu dengan adanya Online Single Submission (OSS).

OSS merupakan system perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik sehingga memudahkan pengusaha kelas UMKM mengurus perizinan, mulai membuat Commanditaire Vennotschap (CV) maupun Perusahaan Terbatas (PT).

Dengan OSS ini pelaku usaha dapat mengurus perizinannya dalam waktu yang lebih singkat karena hilangnya meja birokrasi. Selain itu menghindari biaya-biaya tidak jelas dalam pengurusan, karena tidak bertemu langsung dengan manusia yang melayani.

Baca Juga: Atta Halilintar Bawa Tas 'Dior' ke Bareskrim Polri, Pemberian Doni Salmanan itu Belum Pernah Dipakai

Kendati demikian, OSS masih dirasakan banyak masalah dan kekurangan bagi perusahaan skala besar yang ingin mengurus perizinan terkait investasi, maupun mendirikan badan hukum perusahaan baru.

Seperti dikutip BALIKPAPAN CITY dari Antara, Menteri Luhut mengakui sistem OSS masih belum sempurna dan bermasalah.

Meski bagi sejumlah perusahaan besar sistem OSS masih banyak dikeluhkan, menurut dia, sistem tersebut telah banyak membantu perizinan bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,4 Jepang, 4 Orang Dilaporkan Tewas, Alaram Kebakaran Reaktor Nuklir Sempat Berbunyi

"Mengenai OSS, memang masih ada masalah sana sini. Tapi success story mereka ini untuk yang skala UMKM sudah tidak ada masalah. Kalau yang besar memang memerlukan satu kerja sama yang besar lagi," katanya dalam Grand Launching Proyek Investasi Berkelanjutan di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Tri Widodo

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah