Di Tengah Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Optimis 180 Ribu Mobil Diekspor dari Patimban

- 9 Maret 2022, 00:03 WIB
Ekspor Mobil Dari Pelabuhan Patimban Sudah 24.000 Unit, Begini Kata Presiden/foto tangkap layar dari laman presiden joko widodo
Ekspor Mobil Dari Pelabuhan Patimban Sudah 24.000 Unit, Begini Kata Presiden/foto tangkap layar dari laman presiden joko widodo /

BALIKPAPAN CITY - Geliat perekonomian di tengah pandemi Covid-19 makin menjadi kenyataan. Setidaknya bidang otomotif mulai melakukan ekspor ke sejumlah negara.

Salah satu kegiatan ekspor kendaraan berupa mobil terus meningkat di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Melalui tempat ini, diharapkan akan diekspor 180 ribu mobil dalam setahun.

Negara-negara produsen mobil mengurangi produksi mobilnya, dan meninggalkan pasar otomotif karena pengaruh pandemi Covid-19. Indonesia justru menemukan peluang ekspor ke beberapa negara.

Baca Juga: Mobil Tesla Indra Kenz Diparkir di Bareskrim Polri, Aset Pertama Rp1,5 Miliar 'Murah Banget'

Tujuan ekspor mobil dari Indonesia antara lain Filipina, Brunei, Jepang hingga ke Vietnam. Jepang merupakan negara produsen mobil, namun badai pandemi Covid-19 hingga ke varian Omicron telah mengganggu pasar. Dikabarkan beberapa pabriknya tutup di awal tahun.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo meninjau pelepasan ekspor kendaraan di kawasan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, pada Selasa, 8 Maret 2022.

Dalam keterangannya, Presiden mengaku senang dengan kehadiran Pelabuhan Patimban dalam meningkatkan ekspor kendaraan ke berbagai negara.

Baca Juga: KKB Papua Habisi 8 Karyawan PT PTT, Helmi Faisal Zaini Kutuk Pembantian KKB

“Melihat progres tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, ke Brunei, ke Jepang, dan juga ke Vietnam,” ujar Presiden.

Halaman:

Editor: Tri Widodo

Sumber: BPMI Setpres


Tags

Terkait

Terkini

x