Ini Dia Daftar E-Commerce Paling Diminati di Indonesia, Shopee Urutan Satu

- 1 Februari 2022, 05:30 WIB
Ilustarasi E-Commerce menjadi peran penting UMKM.
Ilustarasi E-Commerce menjadi peran penting UMKM. /Pexels/Pixabay

BALIKPAPAN CITY – Perkembangan e-commerce di tengah kondisi pandemi di Indonesia menjadikannya sektor bisnis yang sangat pesat dan diminati.

Kemudahan akses e-commerce didukung kecanggihan teknologi menjadi salahsatu alasan mengapa sektor e-commerce semakin di depan.

Pengujung akhir 2021 menjadi ajang bagi e-commerce dalam negeri berinovasi membangun fitur baru untuk memberikan pengalaman belanja online paling nyaman bagi penggunanya. Bahkan promosi besar-besaran juga digelar untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Indonesia Akan Ekspor Mobil ke Australia, Standar Karbon Tinggi Siap Dipenuhi  

Melihat persaingan tersebut, Kantar, sebuah perusahaan analisis data, wawasan, dan konsultasi terkemuka di dunia, mengadakan riset terkait peta persaingan online shopping di Indonesia, yang diamati selama September 2021.

Riset ini menggunakan metode survei daring dan melibatkan total 870 responden dari usia 20 - 35 tahun ke atas, serta dilakukan tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, namun juga kota-kota lain yang berpotensi menjadi pendukung pertumbuhan Indonesia di masa depan.

Hasilnya, ada empat brand besar e-commerce di Indonesia, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Brand Shopee menjadi salahsatu e-commerce terkuat saat ini, didukung data dari sebanyak 54 persen responden yang menjawab Shopee sebagai merek yang paling diingat atau top of mind. Menyusul di urutan berikutnya adalah Tokopedia 25 persen, Lazada 6 persen dan Bukalapak 1 persen.

Baca Juga: Indonesia Buka Wisata Bintan, Batam, Singapura, Travel Bubble Cara Aman Wisata Di Masa Pandemi

Hasil riset Kantar juga menemukan bahwa Shopee merupakan e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam 6 bulan terakhir, yaitu sebanyak 86 persen dari total responden. Sementara peringkat berikutnya Tokopedia 57 persen, Lazada 35 persen dan Bukalapak 14 persen.

Halaman:

Editor: Ryan Pramudya Amanta

Sumber: Kantar


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x